Senin, 04 September 2017

Perbedaan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina


“Mas, aku mau beli kelinci Angora 1 ekor dong buat pasangan kelinciku dirumah”, seorang hobiis membuka obrolan di BBM dengan kalimat seperti itu setelah kami mengkonfirm BBM invited-nya. “Emang kelinci mba yang dirumah jantan atau betina, umur berapa kira-kira?, jawab kami dengan pertanyaan lagi. “Nah, itu dia aku ga tau jenis kelamin ama umurnya, soalnya kelincinya dikasih sodara dan dia ga ngasih informasi apa-apa” 😜.

Kami yakin bukan hanya mba S**N diatas saja yang mengalami hal seperti itu, bingung menentukan jenis kelamin kelinci dan perkiraan umurnya, hehehe…

Penentuan jenis kelamin kelinci pada saat kelinci masih kecil memang agak sulit dilakukan jika tidak memerlukan keterampilan khusus. Selain bentuknya yang masih kecil sehingga sulit diamati, kelinci yang masih kecil ( 2-3 bln ) biasanya cenderung aktif/agresif ketika badannya diangkat, dibalikan tubuhnya untuk proses pengamatan. Seringnya sih kelinci mungil ini akan meronta-ronta, iya gaaa? Ga percaya, silahkan dicoba gaaan… Namun dengan sedikit kesabaran dan kasih sayang biasanya kelinci kecil ( anakan ) bisa tenang ketika kita melakukan pengamatan alat kelaminnya. Belai dan usap dengan lembut seluruh tubuh bagian atasnya terutama bagian kepala dan telinga. Dengan cara seperti ini biasanya kelinci akan relax dan relatif lebih tenang ketika tubuhnya kita angkat dan kita amati alat kelaminnya.

Jantan atau betina jenis kelamin kelinci bisa diamati langsung dengan menelaah ke bagian perut bawah dekat dengan anus. Letak persisnya jika dirunut dari bagian belakang bawah ke depan sebagai berikut : ekor, anus, alat kelamin. Jadi, hati-hati salah mengamati alat kelamin kelinci karena bisa jadi lokasi yang kita lihat salah ( anus ) karena akan terlihat sama antara jantan dan betina pada bagian ini. Berikut gambar alat kelamin pada kelinci sebagai pembanding ketika kita melakukan pengamatan jenis kelamin pada kelinci kesayangan.

Berikut ini gambar Alat Kelamin Jantan dan Alat Kelamin Betina




Sedikit berbagi, mudah-mudahan bisa bermanfaat info dan gambar diatas buat seluruh pecinta kelinci. Jadi, ga bingung lagi kan sekarang nentuin jenis kelamin kelinci kesayangan :)
PostCategoryIcon Posted in Sekilas Tentang Kelinci | PostCommentsIcon No Comments »
Previous Post
Next Post

0 komentar: