Senin, 04 September 2017

Iritasi pada Mata Kelinci Kesayangan

Mata adalah salah satu area sensitif pada kelinci kesayangan kita. Dengan matanya kelinci bisa membaca situasi disekitarnya. Penerangan yang cukup ( tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang ) di area sekitar kandang kelinci mutlak kita jaga. Jika dicermati, tak sedikit masalah bisa timbul dari pencahayaan di sekitar tempat hidup kelinci. Cahaya yang terlalu terang pada malam hari menyebabkan kondisi yang kurang mendukung saat kelinci ingin beristirahat, begitu pula jika terlalu gelap menyebabkan kelinci mudah kaget akan suara dan gerakan yang datang tiba-tiba.

Seperti halnya manusia, mata kelinci juga memerlukan perhatian tertentu terutama pemeliharaan dari debu dan benda-benda yang dapat melukainya. Debu kotor baik dari tanah/pasir/serbuk maupun dari asap pembakaran bisa menimbulkan iritasi dan mata merah pada kelinci. Lebih jauh lagi, adanya benda tajam/runcing yang dapat melukai/menggores are sekitar mata kelinci harus disingkirkan. Masalah yang timbul biasanya adalah mata kelinci menjadi merah disudut kelopak mata, belekan sampai munculnya benjolan seperti jerawat/bisul kecil di sekitar kelopak mata.

Untuk mengantisipasi gejala mata merah/iritasi pada kelinci bisa diberikan tetes mata yang biasa digunakan oleh manusia, namun dalam kondisi tertentu baiknya diberikan tetes mata khusus untuk kelinci/hewan jika tersedia. Pemberian air rebusan daun sirih yang sudah didinginkan terlebih dahulu pun bisa dilakukan sebagai alternatif pengobatan, biasanya hal ini dapat meningkatkan kecemerlangan dan kejernihan mata kelinci kesayangan. Namun, pemberian air rebusan daun sirih ini harus dilakukan sedikit demi sedikit ( sekitar 1-2 tetes/hari ) melihat penyesuaian respon mata kelinci terhadap air rebusan daun sirih yang kita berikan. Jika keesokan harinya terlihat efek positif dari pemberian air rebusan daun sirih ini, maka proses pengobatan dapat dilanjutkan sampai hari ke-3.

Hanya berbagi info, semoga bermanfaat ….
Previous Post
Next Post

0 komentar: