Senin, 04 September 2017

Spot Hitam Pudar pada Kelinci Himalayan Dwarf

Kelinci jenis Himalayan Dwarf memang memiliki ciri khusus, unik dan lucu. Ujung hidung, telinga dan ujung kakinya memiliki warna hitam berbeda dengan warna bulu dominannya yaitu putih. Sekilas blok warna hitam di ujung-ujung kakinya seperti kelinci putih yang memakai kaus kaki hitam.
 
Tingkat kehitaman dan luas area blok hitam pada kelinci Himalayan Dwarf dapat memudar atau bahkan hilang sama sekali loh. Ternyata hal ini dipegaruhi oleh faktor suhu disekitarnya. Semakin sejuk / dingin suhu di sekitar tempat hidupnya maka blok warna hitam ini semakin jelas dan meluas, namun sebaliiknya jika suhu udara disekitarnya semakin tinggi/panas maka blok warna hitamnya semakin pudar. Proses pudarnya blok warna hitam ini biasanya dimulai dari keempat ujung kakinya yang lambat laun bergeser warnanya dari hitam menjadi abu-abu dan batas warna bulunya dengan warna bulu putih dominan pada kakinya akan semakin tidak terlihat. Selanjutnya proses pemudaran ini terjadi juga pada ujung hidung dan telinganya. Yaaah, jadi aneh deh warnanya kalu sudah begini 😕

Untuk menjaga keunikan blok warna hitam pada kelinci Himalayan Dwarf kesayangan kita dapat dilakukan penanaman tanaman rimbun yang berdaun lebat untuk meningkatkan kesejukan sekitar kandang. Hindari matahari langsung menyinari kelinci kecuali pagi hari sekitar 1-2 jam saja. Bahkan jika amat sayang dengan keunikan dan kelucuan blok warna hitam pada kelinci Himalayan Dwarf ini, kita dapat menempatkan kandangnya didalam ruangan ber AC.

Hanya berbagi, semoga bermanfaat…
Previous Post
Next Post

0 komentar: